Thursday 15 January 2015

Saat Budaya dibuang jauh...

Oleh: Isvani
Saat Budaya dibuang jauh...-Budaya adalah sebagai hasil dari cipta karya manusia yang terus bergulir dalam sejarah kehidupan manusia. Budaya akan menjadi bagian yang terpenting bagi lingkungan kehidupan manusia sepanjang perjalanan hidupnya. Budaya akan menunjukkan identitas suatu kelompok kehidupan masyarakat.

Saat Budaya dibuang jauh...
ilustasi


Seiring perjalanan waktu, setiap budaya pasti akan mengalami masa-masa yang kritis. Budaya akan tenggelam dengan kemegahan dunia modern saat ini. bahkan, bagi anak cucu kita kedepan budaya itu hanya cerita dongeng belaka. Hal yang realitanya saat ini pun kita generasi muda tidak tau menahu dengan budaya sendiri. Orang lain yang tidak sebangsa dengan kita mengetahuinya dan bahkan mempelajarinya untuk ilmu pengetahuan mereka.

Aceh adalah salah satu bangsa dari sekian banyal bangsa yang ada di dunia ini. aceh memiliki budaya sendiri yang mencerminkan keacehan dan sebagai penanda berbeda satu sama lain. bila melihat fenomena saat ini yang terjadi di aceh akan membuat otak ini berfikir bagaimana budaya luar datang dan begitu mudah diterima dalam kehidupan bangsa ini. apa karena ketinggalan zaman? Apa karena budaya kita tidak semegah budaya bangsa yang lain?

Kampus sebagai tempat muda mudi pencari ilmu menjadi hal menarik bila ingin mempelajari keacehan yang dimilikinya. Bisa dilihat bagaimana pengaruh lingkungan terhadap kehidupan kebudayaan mahasiswa-mahasiswa aceh. Mereka mengaku sebagai orang aceh yang lahir di aceh dan orang tuanya pun orang aceh. Namun, apakah mahasiswa tahu diri bahwasanya mereka itu orang Aceh.
Menurut penalaran saya ketika budayanya sendiri sudah hilang dan bagaimana sejarah kehidupan bangsanya maka dapat dipastikan tidak ada lagi semangat juang dari dalam dirinya. Ada mungkin semangat juang namun hanya untuk dirinya sendiri yang akhirnya menumbuhkan rasa individualis. Bila hal tersebut sudah terjadi maka persaingan antar sesama akan terjadi dalam aspek apa saja. Di dalam pemerintahan terjadinya korupsi dan lain-lain sebagai bentuk manifestasi dari perilaku yang diajarkan di bangku pendidikan. Generasi muda hanya disibukkan dengan nilai mata kuliah tanpa adanya pembelajaran moral dan etika dalam menjalani kehidupan ini.

Akhirnya, budaya adalah sebagai bentuk dari identitas kita sebagai suatu bangsa. Budaya-budaya aceh yang wariskan oleh endatu kita terdahulu adalah sebagai keuneubah untuk kita dan juga anak-cucu kita nantinya. Mari kita jaga bersama-sama...

                                                                                                                   Isvani 
                                                                                           pemerhati sosial budaya dan alan
Mahasiswa Fakultas Hukum Dan Fakultas psikologi Unsyiah
 baca juga : bahasa aceh diambang kritis 



0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh