Thursday 8 January 2015

Kisah Asal Mula Nama Aceh Tamiang

Kisah Asal Mula Nama Aceh Tamiang-Tamiang saat ini adalah sebuah kabupaten yang terletak antara kabupaten aceh timur dan perbatasan aceh-sumut. Daerah tamiang memiliki legenda asal mula nama tamiang yang terdiri dari beberapa versi.  Saya akan mencoba merangkumnya disini menurut buku yang yang saya baca yaitu buku legenda aceh karya iskandar norman.

Versi I

Menurut cerita lisan yang turun temurun dari masyarakat tamiang menyatakan bahwa asal mula tamiang berasal dari kata da mitang dan te minyang. Dua kata tersebut bermakna sama, yaitu kebal dari penyakit gatal yang diakibatkan Miang pohon bambu. Konon, kata tersebut diambil dari kisah raja tamiang bernama pucok suloh yang sewaktu bayi ditemukan dalam perdu bambu. Ketika dia memerintah menjadi raja digelar pucok suloh raja Te-miang. Raja yang masa kecilnya kebal terhadap gatal miang bambu. Itulah asal mula kata tamiang menurut versi I.

Versi II

Sedangkan menurut versi lain menyebutkan bahwa nama tamiang berasal dari kata itam yang bermakna hitam dan kata mieng yang bermakna pipi. Jadi sewaktu digabungkan tamiang mempunyai arti pipi hitam. Versi ini mengatakan demikian merujuk kepada masa asimilasi dengan orang-orang daerah lain di aceh. Pada masa itu salah satu kelompok menandai pipi mereka dengan tanda hitam yang bertujuan untuk menyatakan bahwa kelompok tersebut berasa dari Tamiang.

Kisah Asal Mula Nama Aceh Tamiang
ilustrasi

Versi III

Versi yang selanjutnya datang dari negeri cina. Riwayat ini berdasarkan catatan dari Wee Pei Shih. Dia menyebut tamiang sebagai negeri kan pei chian. Sementara itu dalam buku neggarakrtagama disebutkan bahwa tamiang itu sebagai Tumihang. Selain itu nama tamiang juga disebutka dalam prasasti buatan kerajaan sriwijaya dan catatan pengembara yang bernama rushinuddin yang pernah singgah di tamiang pada abad 14.
Tiga versi itu yang menjadi kisah awal mula nama tamiang. Sekedar informasi tambahan, sejak dari tahun 960 M tamiang disebut-sebut sudah memiliki pemerintahan yang meliputi timur aceh, salah satu rajanya yang bernama tan ganda. Tamiang mulai mengenal islam pada abad 14 dan pada masa inilah tamiang mencapai puncak kejayaannya, terutama pada masa pemerintahan sultan muda setia.
baca juga beberapa legenda daerah lain di aceh dibawah ini :
            kisah asal mula nama kerajaan samudra pase



0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh