Saturday 17 January 2015

Kisah Asal Mula Nama Meulaboh

Kisah Asal Mula Nama Meulaboh
Tugu Teuku Umar di Meulaboh 

Kisah Asal Mula Nama Meulaboh -Meulaboh adalah ibukota kabupaten aceh barat saat ini yang berada di pantai barat aceh. Nama meulaboh sendiri memiliki kisahnya tersendiri sehingga dikenal sampai saat ini. menurut cerita yang turun temurun meulaboh dikenal dengan negeri pasir karam. Orang-orang dari minangkabu yang lari dari negerinya membuka perkebunan di daerah itu menjadi maju
Menurut H M Zainuddin dalam buku tarikh aceh dan nusatara(1961) asal mula meulaboh adalah negeri pasir karam yang dibangun pada masa sultan saidil mukammil(1588-1604). Sewaktu masa pemerintah sultan iskandar muda (1607-1636) kerajaan tersebut ditambah pembangunannya.
Dinegeri meulaboh dibuka perkebunan lada namun tidak begitu berkembang karena kalah saing dengan dengan negeri singkil yang lebih maju karena banyak kapal dagang yang singgah di singkil untuk mengambil muatan kemenyan dan kapur barus. Pada masa sultan Djamalul Alam pembangunan semakin ditingkatkan.
Pekerja yang didatangkan untuk mengolah kebun-kebun lada tersebut dari Pidie dan Aceh besar kemudia disusul dengan datangnya orang minangkabau yang lari dari negerinya akibat pecahnya perang padri(1805-1836).  Sesampai di teluk pasir karam pendatang dari minangkabau tersebut sepakat untuk berlabuh.
        “ disikolah kito berlaboh” kata mereka. Semenjak itulah negeri pasir karan dikenal dengan nama meulaboh dari asal kata berlaboh. Pendatang minangkabau tersebut hidup berbaur dengan masyarakat setempat dan kemudian ada yang menjadi pemimpin. Diantaranya adalah Datuk Machdum Sakti dari Rawa, Datuk Agam dari luhak agam.
Hutan mereka tebas untuk dijadikan pemukiman dan dibagikan menjadi 3 daerah, datuk Machdum Sakti membuka negeri di merbau, Datuk Raja Agam di Ranto Panyang. Sama halnya seperti dengan warga setempat, para pemimpin perantau minangkabau juga memerintahkan kepada warganya untuk membuka lahan perkebunan sehingga kehidupan perantau tersebut menjadi makmur.
Ketiga pemimpin perantau minang tersebut sepakat untuk menghadap sultan aceh untuk mempekenalkan diri yang sewaktu itu dipimpin oleh sultan mahmud syah yang lebih dikenal dengan sultan buyung(1830-1839).
Itulah sekelumit kisah tentang asal mula nama meulaboh. Biarpun hanya sebuah cerita yang belum pasti namun tidak salah bila kita mengetahui tentang daerah kita sendiri.



0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh