Wednesday 7 January 2015

Legenda Batu Belah, kisah Manusia yang Ditelan Batu

Legenda Batu Belah, kisah Manusia yang Ditelan Batu-Pada waktu sebelumnya aku telah menulis tentang beberapa legenda yang  ada di Aceh. Ada legenda tentang asal mula nama kerajaan samudra pasai(baca: asal mula nama kerajaan samudera pasai) legenda tentang asal mula pulau sabang(baca: kisah asal mula pulau sabang ) dan beberapa legenda lainya(baca: Legenda aceh  ). Pada kesempatan kali ini aku akan menulis kisah legenda batu belah “atu belah” beginilah kisahnya ..,
Legenda ini berasal dari dataran tinggi gayo. Awal mula kisahnya adalah pada masa itu ada satu keluarga yang keadaan ekonominya sangat miskin. Keluarga itu hanya memiliki sepetak lahan kecil yang tidak seberapa untuk menghidupi keluarganya. Selain itu keluarga tersebut juga memiliki dua ekor kambing tapi keadaannya kurus karena kekurangan makanan.

Legenda Batu Belah, kisah Manusia yang Ditelan Batu
batu belah, dalam bahasa gayo disebut" atu belah" 
Oleh karena keadaan yang demikian, keluarga ini berusaha memenuhi kebutuhan dengan memancing di krung peusangan. Kelurga petani miskin ini memiliki dua anak. Yang sulung berusia 8 tahun dan si bungsu berumur 1 tahun. Suatu hari si sulung diminta oleh ayahnya untuk pergi mengembalakan kambing di hutan supaya kambingnya menjdi gemuk karena besok harinya akan di jual ke pasar tapi sulung malas mengembalakan nya yang jauh lokasinya.
Si sulung pun tidur dibawah pohon dan ketika terbangun hari sudah sore. Kambingnya sudah tak tau dimana keberadaannya. Saat kembali ke rumah ayahnya menanyakan kemana kambingnya si sulung pun menjawab kambingnya hanyut ke sungai. Si ayah pun marah dan bersedih akhirnya si ayah pergi ke hutan untuk melihat jeratan yang dipasangnya untuk menjerat burung tempo hari.
Ternyata yang terjerat adalah seekor anak babi. Si ayah pun mendekapnya pun untuk segera di bawa pulang. Tiba-tiba semak belukar di depannya terkuak dan dua bayangan hitam muncul menyerbu petani itu. Belum sempat berbuat sesuatu si petani sudah tekapar dengan berdarah. Ternyata kedua induk babi itu sangat marah karena anaknya di tangkap. Petani itu berusaha untuk melawan dengan mencabut parangnya. Namun naas, ketika parangnya di ayunkan ke tubuh babi hutan itu parangnya patah menjadi dua. Sang babi pun menjadi tambah ganas. Petani itu pun tunggang langgang di kejar babi namun ketika petani meloncati sebuah sungai kecil dia terpeleset dan jatuh dengan kepalanya terbentur batu. Tewaslah sang petani tersebut tanpa diketahui sang istri dan anak-anaknya.
Sementara itu dirumah isteri petani sedang memarahi si sulung karena telah membuang segenggam beras terakhir yang di miliki oleh keluarganya. Karena sudah tidak punya lagi makanan yang bisa dimakan, isteri petani tersebut menyurh si sulung untuk menjual periuk yang mereka miliki untuk di jual kepasar. Bukannya menuruti keinginan orang tua namun malahan menggerutu dan membanting periuk tersebut sampai pecah. Ibu si sulung pun tambah marah.
Sewaktu itu datanglah seorang tetangga mengabarkan suaminya ditemukan tewas dihutan. Alangkah hancur hati sang istri dan menangis sambil memeluk si sulung. Ibu si sulung pergi ke depan sebuah batu besar yang biasanya disebut dengan batu belah. Sesampai disana sang ibu pun bernyanyi” batu belah batu bertangkup, hatiku alangkah merana, batu belah batu bertangkup, bawalah aku serta”.
Tiba-tiba bertiuplah angin kencang dan batu besar itu pun terbuka. Setelah ibu sisulung itu pun masuk ke batu yang telah terbuka itu. Setelah itu batu itu pun merapat kembali. Sisulung yang melihat kejadian itu menangis keras dan memanggil ibunya dengan berjanji tidak akan nakal lagi. Namun penyeselannya sudah telat, ibunya telah menghilang ditelan bati belah.
Itulah kisah dari batu belah yang saat ini masih ada di datarn tinggi gayo. Walaupun hanya legenda belaka namun memberikan suatu pesan kepada kita bahwa sudah sepatutnya kita berbakti kepada orang tua kita dan jangan sekali-sekali membuat orang tua kita marah.


1 comment:

  1. YUK BURUAN JOIN BERSAMA AGEN KARTU ONLINE ZOYA99.COM DAN RAIH JUTAAN RUPIAH SELAMA BERMAIN DISINI RASAKAN PELAYANAN TERBAIK DARI CS BERPENGALAMAN ZOYA99.COM BANYAK KEUNTUNGAN YANG TIDAK DI MILIKI DI SITUS LAIN
    * PROSES DEPO/WD YANG SUPER CEPAT
    * MIN DEPO/WD Rp.20.000
    * 7 GAME HANYA MENGGUNAKAN 1ID
    * BONUS ROLINGAN TERBESAR
    * BONUS REFERALL SEUMUR HIDUP
    * CS ONLINE 24 JAM
    * PERMAINAN FAIR PLAY NO ROBOT
    INFO LEBIH LENGKAP BISA LANGSUNG HUBUNGIN CS KAMI
    BBM: D8B82A86
    LINE: zoya_qq
    WA: +85515370075

    YUK DI BACA CERITA SEXNYA: http://69zoya.blogspot.co.id/2017/11/zoya69-mesum-sama-mama-cantik.html

    ReplyDelete

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh