Wednesday 7 January 2015

Saat Giok Aceh Digilai Banyak Orang

Oleh : Tgk Ni

Saat Giok Aceh Di Gilai Banyak Orang -Saban hari semakin terkenal saja batu giok di mata para pecinta batu mulia. Semua orang yang sebelumnya tidak suka dan mungkin saja belum kenal yang namanya batu giok saat ini sudah melirik-lirik ke salah satu batu yang indah ini. dari sudut fenomenologi keadaan tersebut di sebutkan sebagai suatu keadaan yang lagi populernya saat ini. batu giok yang beragam macam dan keindahannya sekarang ini tidak menjadi suatu barang yang langka sperti sebelumnya walaupun masih ada beberapa macam masih langka dan harganya pun masih melambung tinggi. sebagian pemuda dan orang-orang yang tua akan terlihat di jarinya batu giok dengan keindahan yang di pancarnya.

Saat Giok Aceh Di Gilai Banyak Orang
giok aceh 
Aceh saat ini pun semakin dikenal dengan gioknya. Memang, hasil alam nanggroe aceh tak pernah habis-habisnya. Dulu gas dan minyak di aceh utara walaupun saat ini sudah ditutup(PT ARUN). Namun, tak begitu lama di tutupnya PT ARUN sudah ada ada barang-barang yang berharga dan indah ditemukan di perut bumi tanoh rencong ini. belum lagi dengan emas, zat-zat mineral, batu bara dan lain-lain. begitu kayanya alam yang dikandung aceh namun Acehnya masih papa (bahasa indonesia : miskin).
Batu giok adalah salah satu batu mulia yang indah didunia. Saat ini batu giok aceh menjadi bisnis yang menggiurkan. Bagaimana tidak, pemerintah daerah dimana giok tersebut ditemukan telah mengeluarkan perda(peraturan daerah) dalam hal mengatur sistem dan tatacara dalam mengelola batu giok tersebut. Larangan membawa bongkahan besar keluar daerah dan ada potongan beberapa persen bagi para pebisnis giok adalah beberapa aturan yang dimuat dalam undang-undang daerah tersebut. Bila sudah demikian maka dapat disimpulkan bahwa bisnis batu giok sangat menjanjikan profit yang didapatkan.
Untuk menjadi buktinya saat ini sudah banyak keude-keude yang disulap menjadi keude yang menjual berbagai macam batu giok dan juga menerima pengasahan dan lain-lain. apakah hal itu membuktikan orang-orang mabuk dengan giok? Bukan orang aceh saja namun sampai kepusat negeri indonesia ini bahkan giok aceh mampu melanglang buana ke luar negeri. Desas desus yang beredar pun banyak pejabat di jakarta menyukai giok aceh dan ada yang sudah memilikinya. Kabar yang berhembus pula pejabat-pejabat daerah di aceh menjadi pengusaha giok yang daerah operasi seluruh pelosk nusantara ini bahkan ada yang keluar negeri. Betul atau tidak betul tuhan maha tahu. Kita ambil sisi positifnya saja bahwa giok adalah sebagai anugrah dari Allah yang sepatutnya kita syukuri. Hal-hal positif lainnya yang bisa kita maknai adalah semakin terkenalnya keindahan batu giok maka akan terangkat pula nama aceh ini sampai keseluruh pelosok bumi ini.

Saat Giok Aceh Di Gilai Banyak Orang
batu giok aceh
Namun, ada satu hal yang harus kita renungi bersama. Jangan terlalu mengejar kemewahan didunia ini sehingga membuat kita kufur. Saya sendiri takut bila masyarakat kembali seperti zaman dulu yang menyembah batu. Walaupun hal ini tidak beralasan namun pemikiran manusia berkembang selaras dengan perkembangan alam dan manusia termasuk makhluk yang mudah sekali menganalogikan suatu perkara.
Satu lagi juga yang ada difikiran saya seperti yang pernah di tulis di salah satu media besar di aceh, “ semua tergila dengan batu giok, asal tidak kembali ke zaman batu” kurang lebih seperti itu yang masih saya ingat. Semoga itu tak terjadi.


                                                                                           Tgk. Ni
pemerhati sosial dan pecinta alam
                                                                                             saat ini sedang menempuh pendidikan di fakultas hukum unsyiah



1 comment:

  1. Blog agan menarik... dan Terima kasih sudah share seputar batu giok asli. namun saya yakin pasti masih banyak yang belum tahu mengenai khasiat batu giok ataupun manfaat batu giok yang sebenarnya. sama seperti blog agan yang unik menarik dan informatif tentunya berikut ini pembahasan batu giok yang sangat menarik untuk agan baca silakan klik saja BATU GIOK ASLI



    Jika anda pecinta budaya tak ada salah nya anda menyimak macam-macam ilmu ghaib di Indonesia seperti ilmu pelet ampuh dan ilmu pengasihan ampuh

    ReplyDelete

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh