Wednesday 24 December 2014

Kisah Asal Mula Nama Kerajaan Samudra Pase

Kisah Asal Mula Nama Kerajaan Samudra Pase -Setiap daerah punya asal mula namanya tersendiri yang terkadang menjadi legenda dalam kehidupan masyarakat. Sebelumnya aku telah menceritakan tentang beberapa kisah  asal mula nama daerah di Aceh(baca: ), maka kali ini aku akan mencoba menceritakan bagaimana asal mula nama Pase atau kerajaan samudra pasee.
Pase adalah salah satu nama  kerajaan yang ada terletak di bantaran sungai Geudong(saat ini menjadi salah satu kecamatan di Aceh Utara) yang telah berdiri sebelum islam datang ke Aceh. Raja yang paling terkenal pada masa itu adalah meurah silu yang setelah datangnya islam namanya diganti dengan Malikussaleh(namanya dinobatkan menjadi nama universitas di aceh utara saat ini). nama kerajaan tersebut adalah kerajaan samudra pase yang dalam tarikh sekarah disebutkan sebagai kerajaan islam pertama di Nusantara.

Kisah Asal Mula Nama Kerajaan Samudra Pase
ilustrasi peta kerajaan samudra pasai

Nah, darimanakah asal nama Pase tersebut, beginilah yang tertera dalam dokumen-dokumen terdahulu yang belum tentu betul dan mungkin saja betul. Dalam sebuah legenda negeri isak/gayo diceritakan bahwa ada seekor anjing yang begitu setia kepada tuannya sehingga menjaga tuannya yang terjatuh dan tak bisa keluar dari dalam sumur tua di hutan rimba yang kemudian nama anjing tersebut di tambalkan menjadi daerah tersebut.
Anjing yang tersebut adalah bernama Si Pase yang didapatkan dari tambo negeri isak/gayo. Dalam catatan sejarah melayu, rihlah ibnu batuthah dan syekh al Khalili disebutkan samudra pase pada awalnya bernama Salasari. Yaitu nama salah satu rempah yang sangat di cari-cari oleh pedagang pada masa itu. Sedangkan prof Dr RA hussin jajaningrat menjelaskan bahwa perubahan nama negeri salasari menjadi samudra pase tak terlepas dari pengaruh kerajaan samudra gupta.
Dalam kisah yang diceritakan oleh M Yunus Jamil raja kerajaan peureulak sultan machdum malik ibrahim syah johan berdaulat mempunyai saudara bernama meurah meursa bin Machdum malik ishak yang biasanya disebut dengan moyang mersa atau Tu meursa. Ia mempunyai tujuh orang anak yang bernama meurah jernang, meurah bacang, meurah itam, meurah puteh, meurah silu, meurah pupook dan meurah meugeu.
Diceritakan bahwa suatu hari ketujuh orang anaknya pergi berburu ke hutan bersama si Pase(anjing peliharaan raja yang disebutkan diatas). Dalam perburuan itu meurah meugeu terperosok kedalam sumur tua yang tertutup dengan semak-semak di daerah geugadieng yang tidak begitu jauh dari kute rajang/isak. Keenam saudaranya tidak mu menolong meurah meugeu dan mereka pun pulang. Sampai dikerajaan si pase meraung-raung memberi tanda kepada raja namun hal tersebut tidak dipahami oleh sang raja. Si pase pun lari bolak-balik dari rumah ke sumur tempat meurah meugeu terjatuh.
Akhirnya hal tersebut membuat sang raja curiga dengan perilaku si pase tersebut, apalagi ketika diketahui bahwa satu anaknya tidak pulang. Tu mersa pun mengikuti anjing tersebut sampai kesumur tempat meurah meugeu terperosok. Akhirnya meurah meugeu tertolong dan sejak itu cerita kesetiaan si pase menjadi bahan perbicangan banyak orang sehingga menurut dalam cerita nama anjing tersebut menjadi nama kerajaan samudra pasee.

Diolah dari buku legenda aceh karya Iskandar Norman

2 comments:

  1. cerita hana jeulah kajak muat

    ReplyDelete
  2. Mirip ceritera Nabi Yusuf As ketika pergi bergembala dengan saudaranya semua antara lain Bunjamin dan ketika pulang Nabi Yusuf As telah dibenamkanke sumur tua lalu datang mudafir membantunya dan di pungutlah Nabi Yusuf As sebagai anak angkatnya.

    ReplyDelete

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh