Tuesday 16 June 2015

Meugang, Tradisi menyambut Ramadhan Masyarakat Aceh

Meugang, Tradisi menyambut Ramadhan Masyarakat Aceh
pedagang daging sedang berjualan di hari meugang

Meugang adalah tradisi yang sudah turun menurun di Aceh. Sehari sebelum memasuki bulan suci ramadhan masyarakat Aceh akan melakukan tradisi Meugang itu. Meugang juga merupakan ajang silaturrahmi antar sesama, apalagi masyarakat yang dirantau akan pulang ke gampong masing-masing untuk Meugang bersama keluarga dan juga menjalankan ibadah puasa di Gampong. 

Meugang adalah tradisi masak memasak beragam macam masakan daging seperti daging lembu, kambing dan lain-lain kemudian menyantapnya bersama-sama dengan anggota keluarga. pada hari meugang pasar hewan menjadi sangat ramai dikunjungi masyarakat untuk membeli daging lembu yang masih segar untuk dibawa pulang  kemudian dimasak oleh kau ibu di rumah. Biasanya yang membeli dipasar adalah kaum bapak dan kaum ibu bertugas memasaknya di rumah.

Prosesi membeli inilah yang menjadi klimaks dari puncak tradisi meugang tersebut. para kaum bapak seakan berlomba siapa yang duluan ke pasar daging untuk mendapatkan daging yang masih segar. Biasanya siap subuh pasar daging sudah ramai orang-orang datang untuk membeli atau bahkan untuk sekedar melihat-lihat alias untuk meramaikan Meugang.

Penjual daging pada saat sangat banyak biasanya. Malam hari sebelum meugang mereka sudah menyembelih hewan yang akan dijualnya esok hari waktu hari Meugang. Nah, satu hal lagi yang unik pada tradisi Meugang. Harga daging, khususnya daging lembu melonjat tinggi daripada hari biasanya. Hal yang demikian Cuma ada Aceh dan sangat peristiwa demikian di Daerah lain di Indonesia. Maka dapat dipastikan para penjual daging banyak yang untung waktu Meugang dengan naiknya harga daging tersebut.

Harga daging Aceh pas hari lebaran bisa tembus sampai Rp 150.000-160.000 per Kilogram. Uniknya lagi Cuma hari meugang saja dan pada esoknya harga daging sudah normal kembali seperti biasanya. Para pengamat ekonomi mengatakan itu karena permintaan pasar makanya harganya naik karena banyak pembelinya. 

Namun yang pasti walaupun dagingnya mahal, bagi masyarakat Aceh tradisi Meugang tetap harus berjalan seperti biasanya. biasanya ada dua Meugang dalam masyarakat Aceh yaitu Meugang Ubeut dan Meugang Rayeuk. Meugang Ubeut dilakukan 2 hari sebelum puasa sedangkan Meugang Rayeuk satu hari sebelum puasa. selain itu, Meugang dalam setahun diperingati 3 kali, yaitu pada saat mau puasa, saat akan lebaran idul fitri dan saat akan lebaran idul adha. 

Selamat menyambut bulan suci ramadhan dan selamat menyantap hidangan hari Meugang.[]







0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh