Sunday 14 June 2015

Matang Geulumpang Dua, Kota Sate di Aceh

Matang Geulumpang Dua, Kota Sate di Aceh
Sate Matang

Sate adalah salah satu kuliner yang ada di nusantara ini dengan berbagai citarasa dari masing-masing tiap daerah. Tidak asing dengan telinga kita dengan sate madura, sate padang dan sate-sate lain. Sate menjadi salah satu makanan khas nusantara ini dengan keunikan dan kelezatannya. Begitu terkenalnya sate sampai-sampai di nusantara ini ada yang dinamakan dengan kota sate.

Kota Blora adalah kota yang dijuluk dengan kota Sate di Indonesia. Kota yang terletak di jawa tengah terkenal dengan citarasa khas sate Blora. Nah, citarasa khas sate yang ada di Aceh pun tak kalah dengan yang ada diluar Aceh. Aceh juga mempunyai Sate yang sudah begitu dikenal orang banyak. Ia. Sate Matang namanya. Penulis yakin yakin di Aceh ini tidak ada yang tak kenal dengan sate yang satu ini. sate dari daging kambing dan daging sapi ini mempunyai kekhasan dan keunikan tersendiri dengan aroma dan kelezatannya.

Sate matang asalnya dari Matang Geulumpang Dua, salah satu wilayah kecamatan yang masuk dalam administratif kabupaten Bireuen, Aceh. dari sinilah asal muasal nama sate matang. Untuk menemukan sate matang di Aceh dan diluar Aceh cukup mudah. pedagang sate matang biasanya menjajakan aroma satenya pada malam hari, namun ada juga pada siang hari.

Pedagang sate matang akan menulis “Sate Matang “ di gerobak satenya sehingga dapat ditandai bahwa itu sate matang. Suatu hal yang cukup mudah untuk dikenali sebenarnya. Tak salah bila menamakan kota matang geulumpang dua dengan sebutan kota Sate di Aceh. maka kalau di indonesia kota Blora Kota satenya indonesia, maka di aceh Matang adalah adalah kota satenya Aceh.

Tulisan ini terinspirasi dari seorang teman Di BBM yang menyatakan kota Matang dengan Kota Sate. Penulis sebenarnya dari dulu sudah mengetahui bagaimana terkenalnya sate matang dan masa kecil penulis pernah dilalui pula di kota yang dikenal dengan orang-orang yang lemah lembut tuturnya, namun tidak pernah terlintas di pikiran kota matang menjadi kota sate. Patut di acungi jempol untuk si kawan yang penulis sebut di atas. Terimakasih teman telah menginspirasi untuk menulis tentang Matang Geulumpang Dua. Terutama tentang Sate Matang.

Nah. Siapa saja yang ke Aceh tak salah bila menyempatkan diri menikmati kuliner Aceh yang satu ini, sate matang. Di seluruh penjuru Aceh ada penjual sate matang. Ada baiknya langsung ke tempat asal dan juga sekalian berkenalan dengan Kota Sate Aceh dan juga berkenalan dengan gadis-gadis matang yang manis- manis. Hehehe..[]. 


Banda Aceh, Juni 2015





0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh