Saturday 30 May 2015

Menyusuri Gelapnya Gua Aulia Tujoh Laweung Pidie

Menyusuri Gelapnya Gua Aulia Tujoh Laweung Pidie
suasana di gua atas sebelum memasuki yang lebih dalam 

Oleh: Isvani

Gua Aulia Tujoh laweung adalah gua yang sangat familiar dikalangan masyarakat Aceh. gua yang dikenal dengan nama gua aulia tujoh ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri. Orang-orang biasanya menyingkat nama gua ini menjadi gua tujoh. Bulan april yang lalu aku telah melangkahkan kaki ke gua dan sudah menyusuri walaupun tidak semuanya.

Gua laweung terletak di kabupaten Pidie, tepatnya di daerah laweung. Gua ini mempunyai hikayat tersendiri yang berkembang dalam masyarakat. Diceritakan dalam suatu hikayat bahwa pada zaman dulu ada 7 tujuh pemuda yang sedang bertapa di gua itu. Mereka bertapa supaya bisa menunaikan ibadah haji ke mekkah. Menurut cerita yang berkembang, gua itu juga bisa tembus ke mekkah. Namun, hanya orang-orang tertentu saja. Terlepas dari benar atau tidak cerita itu, hanya sang maha pencipta yang tahu.

Menyusuri Gelapnya Gua Aulia Tujoh Laweung Pidie
Batu Gantung yang ada didalam Gua 

Aku dengan seorang kawan menyusuri gua itu dengan didampingi oleh masyarakat disekitar lokasi gua tersebut. mereka menyediakan jasa memdampingi masuk kedalam gua dan menceritakan berbagai cerita-cerita mitos didalam gua. Didalam gua terasa tanahnya basah dan kadang-kadang becek sehingga sangat diperlukan ke hati- hatian dalam melangkahkan kakinya. Penerangan yang kami gunakan hanya berupa senter dari sang pendamping masyarakat tadi. Sehingga tidak bisa melihat keseluruhan isi dari gua tersebut.

Pendamping menunjukkan beberapa lokasi yang punya mitos cerita tersendiri. Seperti batu gantung, elang sujud, tempat pelaminan pengantin jaman dulu dan beberapa tempat lain yang aku sudah lupa. Mereka para pendamping sangat bersemangat dalam menceritakan kisah kisah dalam gua tersebut sehingga semakin membuat semangat dalam menyusur lebih jauh. Terlepas dari benar atau tidaknya cerita mereka.
Menyusuri Gelapnya Gua Aulia Tujoh Laweung Pidie
Elang Sujud, begitulah pendamping menceritakannya 
Sebenarnya gua laweung bisa dijadikan objek wisata yang luar biasa bila pemerintah mau memperhatikannya. Saat ini belum ada fasilitas publik yang bisa digunakan wisatawan yang berkunjung ke gua itu. Satu hal lagi yang sangat memprihatinkan adalah jalan akses ke gua itu sangat burul bila dari arah Laweung. Ada baiknya bagi wisatawan yang ingin ke gua itu supaya perginya dari arah kecamatan Batee. Dari arah batee jalannya sudah beraspal sehingga mudah dalam perjalanan. Sudahnya saatnya pemerintah peduli dengan situs-situs wisata seperti itu sehingga masyarakat disekitar itu taraf perekonomiannya semakin baik. Semoga.[] 



0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh