Friday 13 March 2015

Air Terjun Rerebe, Serpihan Tanah Surga Di Gayo Lues

Air Terjun Reube, Serpihan Tanah Surga Di Gayo Lues
Air Terjun Rerebe Dengan Pemandangan Perbukitan yang mengelilinginya 

Dataran tinggi gayo memang tak salah dengan ucapan serpihan tanah surga. Alamnya yang luar biasa indah memang akan menggoda siapa. Ibarat gadis perawan, begitulah kata tepat daerah yang berhawa sejuk ini. alam yang begitu indah itu akan sangat rugi bila salah dalam mengelolanya bahkan bisa-bisa akan mengancam kehidupan kita. Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi informasi tempat yang indah yang ada di dataran tinggi gayo. Tepatnya di kabupaten gayo lues yang beribukota Blangkejren. 

Aku baru pertama kali ke gayo lues, hal itu terwujud ketika kegiatan jak wet wet Atjeh (keliling Aceh) pada bulan januari yang lalu. Sebuah perjalanan mengelilingi pantai barat selatan aceh kemudian berlanjut ke dataran tinggi Gayo. Di gayo lues aku berkesempatan memanjakan mata dan menikmati panorama air terjun Rerebe. Ia begitulah orang-orang menyebut air terjun yang berada diatas bukit itu.

Sebenarnya tidak bisa aku lukis dengan kata-kata keindahan dari air terjun rerebe. Air terjunnya terletak diatas bukit yang dekat dengan perkampungan penduduk. Sayangnya air terjun itu tidak terurus dengan baik. Menurut pengakuan kawan yang tinggal blangkejren, hanya pada acara-acara besar saja jalan ke air terjun itu di renovasi. Selepas itu jalannya akan rusak kembali dan agak sedikit berhutan disekitaran lokasi air terjun itu. Sayang sekali bila dibandingkan dengan keindahan yang diberikan air terjun itu.

Air Terjun Reube, Serpihan Tanah Surga Di Gayo Lues
Pemandangan yang Luar biasa
Air terjun rerebe berjarak sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota blangkejren. Tergantung pula dari laju kendaraan masing-masing. Jalan menuju lokasi air terjun reube bisa dikatakan mulus-mulus saja walaupun ada sebagian jalan masih berlobang dan ruas jalannya sempit. Saat ini dilokasi air terju itu belum ada fasilitas apapun untuk menunjang para wisatawan yang ingin kesana. Hal ini seharusnya diperhatikan untuk memajukan pariwisata daerah dan tentunya juga untuk memajukan perekonomian masyarakat disekitar lokasi air terjun itu. Kepada para wisatawan yang ingin kesana sebaiknya membawa bekal makanan sendiri karena tidak warung ataupun masyarakat yang berjualan di lokasi air terjun itu. 

Pemandangan perkampungan penduduk dari atas sana akan nampak indah. Apalagi ditambah dengan keindahan bukit yang mengitari kampung penduduk. Ah tak salah dengan ucapan serpihan tanah surga. Tunggu apa lagi. Ayo jalan-jalan ke dataran tinggi Gayo.[Vani] 




0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh