Thursday 16 July 2015

Woe U Gampong


Bulan ramadhan sudah berada di penghujungnya. Tidak lama lagi bulan yang penuh ampunan itu meninggalkan kita dan akan berjumpa lagi pada tahun yang akan datang. Di penghujung bulan ramadhan, sudah menjadi tradisi masyarakat yang ada di negeri orang atau di perantauan akan pulang ke kampung halamannya masing-masing untuk merayakan hari Raya Idul Fitri bersama keluarga besar. 

Begitu pula dengan masyarakat Aceh sendiri, baik itu yang mengadu nasib di negri orang atau yang sedang menuntut ilmu di perantauan, pada hari Raya akan pulang ke Gampongnya atau dalam bahasa Aceh biasa disebut dengan “Woe U Gampong” atau ada pula istilah lain dengan sebutan “Saweu Gampong”. Biasanya 5 sampai 3 hari mau lebaran masyarakat yang jauh dari kampung halamannya akan pulang menyambut lebaran bersama keluarga.


Woe U Gampong
Ilustrasi
Budaya pulang kampung dalam rangka merayakan hari raya selepas puasa sudah menjadi tradisi masyarakat Aceh yang juga masyarakat di seluruh penjuru nusantara ini. Orang Aceh yang berada di luar daerah yang mungkin sudah menetap di luar daerah tersebut biasanya akan “saweu gampong” pula pada saat akan datangnya hari Raya idul Fitri dan juga pada hari Raya Idul Adha.


Akhir kata, penulis mengucapkan selamat “Woe Gampong” kepada masyarakat Aceh yang sedang dalam perjalanan atau sedang bersiap-siap untuk pulang ke Gampongnya masing-masing dan selamat hari Raya Idul Fitri 1436 H. Mohon maaf lahir dan bathin.[] 

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh