Sunday 21 December 2014

pantai pinggiran PT PIM Aceh Utara

pantai pinggiran PT PIM Aceh Utara-Krueng geukueh adalah salah satu kecamatan di aceh utara yang banyak perusahaan berdiri megah disana.  Salah satunya adalah perusahaan PT PIM. Perusahaan yang bergerak dibidang produksi pupuk sudah beroperasi beberapa tahun yang lalu. Perusahaan yang bergerak di bidang produksi pupuk urea untuk di ekspor ke luar negeri.
Perusahaan PT PIM mempunyai pelabuhan sebagai tempat bongkar muat produksi dari pabrik. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya dengan pelabuhan krukueh karena lokasinya di kecamatan krueng geukueh. Banyak pengunjung di sore hari yang memancing dekat pintu masuk pelabuhan PIM. Sebelum gerbang ada sungai yang di hubungkan oleh jembatan. Di aliran sungai inilah banyak pemancing melemparkan  mata kailnya karena aliran sunganya sudah di muara laut.

pantai pinggiran PT PIM Aceh Utara
pantai
Di dekat pelabuhan ini ada tempat yang dijadikan tempat wisata. Tapi aku sendiri agak kurang setuju bila disebutkan itu sebagai tempat wisata. Disebatkan karena beberapa alasan. Pertama tidak ada ciri khas dari daerah tersebut. Kedua, tidak adanya fasilitas yang memang mendukung untuk dijadikan tempat wisata. Ketiga, luasnya tempat tidak seberapa sehingga tidak bisa dikunjungi banyak orang. Dan yang terakhir adalah tidak adanya informasi yang jelas tentang keberadaan tempatnya.
Dari jalan nasional banda aceh medan berjarak sekitar 2 KM. Dari arah banda aceh selepas jembatan perbatasan kabupaten aceh utara dan kota lhokseumawe ada penunjuk jalan di sebelah kiri jalan. Di situ tertera tulisan untuk menuju ke pelabuhan krueng geukueh. Nah, itulah jalan untuk menuju pelabuhan krueng geukueh.
Sebenarnya tempat yang dekat dengan pelabuhan itu punya wilayah pantai yang bisa digunakan untuk tempat bersantai disiang hari ataupun sore hari. Banyak pengunjung rata-rata dari pelajar dan mahasiswa. Di pantai tersebut ada juga penjual minuman dan penjual yang menyediakan tempat untuk sekedar duduk. Minuman seperti jus, minuman botol, kaleng dan lain-lain disediakan di tempat ini. berbagai macam mie juga bisa dipesan sesuai dengan selera pengunjung.
            Bagi para pengunjung untuk  masuk ke tempat ini, cukup hanya membayar 2 Ribu rupiah untuk ongkos parkir motor. itupun biasanya di hari libur sabtu dan minggu. Tidak ada izin khusus pun dari pemerintah, hanya anak-anak dari sekitar tersebut yang menjadi petugas di pantai pelabuhan krueng geukueh.
            Ada satu hal yang ingin aku peringatkan. Jangan sampai lewat masuk kedalam gerbang pelabuhan PIM karena akan berurusan dengan satpam, ribet jadinya hehe...



0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2014-2015 SuA Atjeh